Tips Memilih Tenda Camping

tenda camping mewahTenda camping adalah salah satu perlengkapan camping yang penting untuk dibawa saat menjelajah alam, baik hiking, mendaki gunung atau yang lainnya. Tenda berfungsi sebagai tempat beristirahat di malam hari atau sebagai tempat berlindung saat cuaca buruk. Oleh karena fungsi pentingnya, para pendaki gunung atau para petualang alam bebas wajib memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai jenis tenda yang ada di pasaran. para petualang tidak boleh salah dalam memilih karena bisa berakibat fatal. Sayangnya, masih banyak pendaki yang hanya melihat merek atau popularitas yang pada akhirnya membuat mereka kehilangan banyak uang. Oleh sebab itu, bagi Anda para petualang pemula atau pendaki pemula berikut kami berikan sediki tips memilih tenda camping.

  • Kapasitas

Tenda hadir dalam kapasitas yang berbeda – beda. Tenda camping pada umumnya mampu menampung empat hingga enam orang sekaligus, meski pada umumnya banyak yang memakai tenda dengan kapasitas dua orang. Yang perlu diingat, kapasitas tenda juga akan mempengaruhi berat yang harus dibawa seorang pendaki karena semakin besar ukurannya maka akan semakin berat pula beban yang mesti ditanggung, belum lagi ditambah peralatan camping yang lain. Oleh sebab itu, pilihlah tenda sesuai dengan kebutuhan.

  • Bahan

Bahan tenda camping yang paling baik adalah nylon karena mampu menahan udara dingin dan air hujan. Akan tetapi, perkembangan teknologi menyebabkan hadirnya bahan tenda baru yang menggunakan nylon di bagian luar dan katun di bagian dalam. Banyak toko yang saat ini telah jual tenda camping jenis ini meski harganya relatif masih cukup mahal.

  • Flysheet atau cover

Para pendaki atau petualang juga dianjurkan menambahkan flysheet tenda. Flysheet sendiri adalah fitur tambahan berupa lembaran yang terbuat dari bahan anti air yang dipasang pada bagian luar tenda. Fungsi utamanya adalah menahan air hujan dan panas agar tidak langsung masuk ke dalam. Flysheet biasanya terbuat dari polyester.

  • Alas tenda

Penting pula bagi para pendaki agar memperhatikan alas tenda saat hendak membeli tenda. Alas tenda yang paling baik bukanlah yang terbuat dari terpal melainkan bahan khusus sejenis nylon yang memiliki kemampuan lebih baik dalam menahan rembesa air.

  • Frame atau rangka

Sangat penting untuk memilih frame atau rangka tenda camping yang akan digunakan. Bahan alumunium adalah bahan terbaik karena memiliki ketahanan yang lebih baik dan lebih ringan dibandingkan dengan fiberglass yang mudah pecah jika terkena angin kencang.

  • Perhatikan jahitan

Pilih tenda yang telah memiliki jahitan ganda agar lebih kuat dan awet.

  • Ketinggian

Untuk daerah yang cukup tinggi dan memiliki angin kencang, pilih tenda dengan ketinggian 1 meter agar tenda tidak roboh saat ditiup angin. Jika akan digunakan di tempat terbuka, sebaiknya pilih tenda yang tidak memiliki bukaan di bagian atas agar air hujan tidak merembes masuk. Untuk daerah yang berikoim tropis seperti Indonesia, sangat dianjurkan agar memilih tenda camping berbentuk terowongan atau tenda dome.

Tinggalkan komentar

1 Komentar

  1. gambar tendanya keren bang hihi 😀

    wizamisasi.com

    Balas

Tinggalkan komentar